Sejarah Desa

Administrator 02 September 2021 21:35:26 WIB

      Cerita dari para sesepuh dan beberapa tokoh Desa Losari konon berasal dari kata umbul-umbulan yang artinya sumber air yang deras. Dan Desa Losari berdiri sejak jaman penjajahan Belanda. Pada saat itu tentunya kondisi desa masih belum menentu karena masyarakat mersa tertekan oleh kekuatan fisik para tentara Belanda.

Walaupun masyarakat desa hidupnya dalam cengkeraman tentara Belanda namun sudah ada pimpinan Desa yang disebut ki Demang. Ki Demang merupakan seorang yang sangat bberpengaruh dalam hal kepemerintahan. Ki Demang ditunjuk oleh Tentara Belanda untuk memimpin desa hingga tahun 1942.

Dan pada tahun itu juga sebetulnya sudah ada pembangunan yang diprakarsai oleh tentara Belanda, namun hanya pelebaran jalan yang sangat sederhana saja dikerjakan secara swadaya bersama-sama masyarakat.

Selang beberapa tahun datang para tentara Jepang yang berkeinginan menguasai dan mengatur sehingga nama Ki Demang (Kepala Desa sekarang) diganti dengan sebutan Lurah dengan disertai pembantu-pembantunya demi melancarkan tugasnya dalam memimpin Desa. Setelah Indonesia merdeka pada tahun 1945 sebutan Lurah tersebut tetap dipakai, hingga akhirnya sebutan lurah tersebut diganti dengan nama Kepala Desa. Untuk sekarang ini Kepala Desa dibantu oleh Sekretaris Desa sebagai penanggungjawab Administrasi dan dibantu oleh 3 orang Kepala Urusan dan 3 tenaga Tehnis. Dan juga seorang Kepala desa dibantu oleh Kepala Dusun dan beberapa Lembaga Desa lainnya.Adapun periodesasi kepemimpinan Kepala Desa  LosariI sebagai berikut :

NOMOR

N  A  M  A

MASA JABATAN

1

KI Demang/Lurah

Hingga Tahun 1950

2

Paimun

 Hingga Tahun 1959

3

Sakijo

Hingga Tahun 1965

4

Setrowiyono

Hingga Tahun 1989

5

Sarno

Hingga Tahun 1999

6

Handoyo Aji

Hingga Tahun 2003

7

H,ahmad sarno

Tahun 2005 -2014

8

ADI

Tahun 2015 - 2021

9

Winardi

Tahun 2021 sampai sekarang

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi LOSARI

tampilkan dalam peta lebih besar